Sabtu, 06 Juni 2009

Kelebihan Student-Centered Learning

Ada beberapa kelebihan student centered leaning (SCL) bila dibandingkan dengan metode konvensional (teacher centered learning) kelebihan itu adalah sebagai berikut:

1. Mengefektifkan proses pembelajaran

Dengan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, mereka akan bertanggungjawab pada dirinya sendiri dalam mencapai tujuan pembelajarannya. Sehingga mereka akan lebih cepat dalam menerima dan memahami sesuatu dengan proaktif dalam belajar.

2. Memperkuat daya ingatan siswa

Ketika siswa dituntut untuk aktif dalam proses belajarnya, dalam artian tidak lagi hanya terpusat pada guru, mereka akan lebih kuat daya ingatannya. Karena mereka mendapatkan ilmu secara langsung untuk dipraktekkan, dalam arti tidak hanya sekedar mendengarkan dari satu sumber.

3. Mengikis rasa bosan siswa


Rasa bosan akan timbul ketika mahasiswa tidak dianggap ada di dalam kelas. Mereka hanya dijadikan objek pendengar yang setia dari ceramah guru. Akibatnya siswa akan merasa bosan dan akan juga mempengaruhi keinginannya untuk terus giat dalam menggali ilmu.

4. Memberikan rasa percaya diri bagi mereka yang mempunyai kekurangan dalam akademis

SCL memberikan kesempatan pada siapapun untuk proaktif dalam proses belajar mengajar. Tidak ada tekanan yang dapat memutuskan bahwa pendapat ini benar dan pendapat itu salah. Karena yang terlibat dalam diskusi tersebut mereka sendiri yaitu semua siswa. Jadi bagi mereka yang selama ini jarang berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar akan merasa lebih percaya diri dalam mengikutinya.



Kesimpulan


Dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, maka siswa memperoleh kesempatan dan fasilitas untuk membangun sendiri pengetahuannya sehingga mereka akan memperoleh pemahaman yang mendalam (deep learning), dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu kualitas siswa.

Kelebihan : Murid menjadi lebih kreatif, mandiri, aktif, dan percaya diri. Pengajar menjadi innovatif, interaktif, suasana fleksibel.

Tujuan pembelajaran Student-centered adalah menciptakan gambaran pengetahuan yang bermakna dan saling berhubungan, meningkatkan dan merangsang rasa ingin tahu murid tentang suatu pengetahuan.

Manfaat pembelajaran Student-centered adalah meningkatkan rasa percaya diri, penerimaan diri, penghargaan diri, sehingga menghasilkan situasi belajar yang positif. Meningkatkan perspektif dan berpikir reflektif sehingga bisa memperkuat rasa percaya diri dan perkembangan murid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar